Kementerian Transmigrasi Siapkan Pemberangkatan 121 Keluarga ke Poso

Jakarta – Menteri Transmigrasi, Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara, mengonfirmasi bahwa 121 keluarga transmigran akan diberangkatkan ke Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, bulan depan. Fokus utama dari program ini adalah membudidayakan durian Montong. Inisiatif ini juga merupakan bagian dari program berkelanjutan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Sebanyak 121 keluarga telah disiapkan untuk berangkat ke Poso. Di sana, mereka akan diberdayakan untuk menanam durian Montong,” ungkap Iftitah di kantor Kementerian Transmigrasi di Jakarta Selatan.

Durian Montong diketahui memiliki potensi untuk ekspor, dan Kementerian akan fokus pada hal ini. Iftitah telah melaporkan perkembangan ini kepada Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), setelah pertemuan hari ini.

Iftitah juga menyoroti keterbatasan anggaran di Kementerian Transmigrasi yang membuatnya hanya dapat memberangkatkan puluhan keluarga per tahun. “Anggaran untuk tahun 2024 sekitar Rp 192 miliar, dan tahun 2025 hanya sekitar Rp 92 miliar. Dengan jumlah ini, kami hanya bisa memberangkatkan beberapa puluh keluarga,” tambahnya.

Namun, ia menegaskan kepada stafnya agar tidak mengeluh soal anggaran. “Kita harus menunjukkan bahwa kita mampu bekerja dengan baik meski dengan anggaran yang kecil. Sinergi dan kolaborasi adalah kunci untuk meningkatkan nilai program kita,” lanjut Iftitah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *