Nazaruddin Dek Gam Pimpin MKD DPR: Janji Profesional dan Tegakkan Etika

Konten:
Jakarta – Nazaruddin Dek Gam, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), telah ditunjuk sebagai Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI untuk periode 2024-2029. Dia berkomitmen bahwa MKD akan menegakkan aturan dan menjaga martabat DPR. “Kami akan bekerja keras untuk menegakkan dan menjaga kehormatan DPR,” ujar Nazaruddin di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Nazaruddin menyebutkan dua prioritas utamanya. Pertama, memberikan akses seluas mungkin kepada masyarakat untuk melaporkan atau memberikan informasi mengenai dugaan pelanggaran kode etik oleh anggota DPR RI. “Kami akan menindaklanjuti setiap laporan dengan hati-hati, profesional, dan serius,” tambah Nazaruddin.

Dia menegaskan bahwa MKD akan menjatuhkan sanksi yang sesuai jika ada anggota dewan yang terbukti bersalah, serta siap merehabilitasi jika anggota tersebut ternyata tidak bersalah. “Jika terbukti ada pelanggaran, kami akan memberikan sanksi sesuai ketentuan. Namun, jika tidak ada bukti pelanggaran, kami akan merehabilitasi nama baik anggota DPR yang dilaporkan,” jelas Nazaruddin.

Selain itu, Nazaruddin juga akan mengingatkan semua fraksi untuk menertibkan kehadiran anggotanya dalam rapat-rapat DPR. “Kami menargetkan tingkat kehadiran anggota DPR meningkat dibandingkan periode sebelumnya,” tutup Nazaruddin.

Susunan pimpinan MKD DPR 2024-2029 adalah sebagai berikut:
– Ketua: Nazaruddin Dek Gam dari Fraksi PAN
– Wakil Ketua: TB Hasanuddin dari Fraksi PDIP
– Wakil Ketua: Imron Amin dari Fraksi Gerindra
– Wakil Ketua: Agung Widyantoro dari Fraksi Golkar
– Wakil Ketua: Aboe Bakar Alhabsyi dari Fraksi PKS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *