Ketua Baru Komisi III DPR, Rano Alfath, Akan Pantau Mitra Kerja dengan Lebih Kritis

Konten:

Jakarta – Wakil Ketua Komisi III, Rano Alfath, menegaskan komitmennya untuk menjalankan tugas dengan integritas tinggi. Rano menyampaikan bahwa Komisi III DPR akan lebih menitikberatkan pada penegakan hukum. “Kita tahu bahwa nomenklatur baru Komisi III lebih berorientasi pada penegakan hukum, ini merupakan penyegaran,” ujarnya kepada wartawan pada Selasa (22/10/2024).

Rano menambahkan bahwa hal ini memberikan peluang bagi pihaknya untuk memastikan reformasi berjalan dengan benar. “Kami akan memantau mitra kerja dengan lebih kritis untuk menjamin hukum ditegakkan secara adil, serta menyusun regulasi yang adaptif dan tepat sasaran guna menghadapi tantangan hukum di masyarakat,” ungkapnya.

Rano menggarisbawahi pentingnya peran DPR dalam pengawasan, terutama dalam memastikan lembaga penegak hukum beroperasi secara adil dan transparan. Sebagai Wakil Ketua Umum PKB, ia juga menyebutkan bahwa Komisi III akan fokus pada pengelolaan anggaran dan pembentukan legislasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, memastikan anggaran digunakan sebaik mungkin.

“Kami akan memastikan setiap rupiah dalam anggaran digunakan dengan tepat, sehingga dana publik benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat,” terang Rano.

Komisi III bermitra dengan lembaga-lembaga penting seperti Kejaksaan Agung, Polri, KPK, Sekretariat Jenderal Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, PPATK, dan BNN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *