Delapan Kios dan Dua Rumah di Tajur Bogor Ludes Terbakar, Diduga Berawal dari Puntung Rokok

Bogor – Kebakaran melanda delapan kios dan dua rumah di Jl Raya Tajur, Bogor Timur, Kota Bogor. Diduga, kebakaran ini dipicu oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan. “Menurut saksi mata, kebakaran kemungkinan besar dipicu oleh puntung rokok yang dibuang di sekitar area terdampak,” ujar Mohamad Ade Nugraha, Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Damkar Kota Bogor, Selasa (22/10/2024).

Ade menjelaskan, area yang terbakar merupakan lokasi kios-kios milik pedagang jamu, bengkel, hingga base camp ojek online. Seluruh bangunan tersebut habis dilalap api. “Tempat ini terdiri dari kios-kios yang menjual jamu, bengkel motor, bengkel jok, base camp ojek online, dan gerobak bakso yang sedang mangkal. Di bawah kios terdapat bangunan dari kayu dan bambu serta tumpukan ban bekas yang mudah terbakar,” jelas Ade.

Kebakaran dilaporkan sekitar pukul 15.00 WIB. Sebelas unit pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Bogor segera dikerahkan untuk memadamkan api. Selain meluluhlantakkan delapan kios, api juga menjalar hingga membakar dua rumah yang berada di lokasi seberang. Angin kencang menghembuskan bara api hingga menyerang dua rumah warga di seberangnya.

“Kondisi angin yang sangat kencang membuat material kebakaran terbawa hingga ke seberang dan mengenai rumah,” tambah Ade. “Dua unit rumah di seberang kios ini juga terbakar, jaraknya sekitar 50 meter dari lokasi kebakaran,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *