Prabowo Angkat Rini Widyantini Sebagai MenPAN-RB untuk Periode 2024-2029

Jakarta – Presiden Prabowo secara resmi mengangkat Rini Widyantini sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam Kabinet Merah Putih untuk periode 2024-2029. Rini mengambil sumpah jabatan bersama 47 menteri dan 5 kepala lembaga lainnya di hadapan Presiden dan Wakil Presiden. Acara pelantikan digelar di Istana Negara pada Senin (21/10). Keputusan ini diumumkan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti. Pengangkatan Rini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) No. 133/P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih Periode Tahun 2024-2029.

Pada kesempatan tersebut, Rini Widyantini menyatakan sumpah jabatan di hadapan Presiden Prabowo. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ungkap Rini Widyantini dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/10/2024).

Setelah prosesi pelantikan selesai, acara diakhiri dengan ucapan selamat dari Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, diikuti oleh para tamu undangan. Hadir pula dalam acara tersebut para Menteri Kabinet Merah Putih untuk periode 2024-2029, Ketua MPR RI Ahmad Muzani, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, serta pimpinan lembaga tinggi negara lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *