Profil Unik Purnomo Yusgiantoro: Penasihat Energi untuk Presiden Prabowo

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, telah menunjuk Purnomo Yusgiantoro sebagai Penasihat Khusus di Bidang Energi. Purnomo dikenal dengan pengalaman luasnya di sektor energi dan sumber daya mineral.

Karier Pemerintahan

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Purnomo adalah Mantan Menteri Pertahanan (2009-2014) dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) (2000-2009). Dia menjadi salah satu tokoh kunci Indonesia selama masa pemerintahan tiga presiden: Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada tahun 2000, Purnomo memulai kariernya sebagai Menteri ESDM, merangkul posisi tersebut selama hampir satu dekade. Prestasinya termasuk menjabat sebagai Sekretaris Jenderal OPEC pada 2004, mengangkat posisi Indonesia di antara negara-negara penghasil minyak dunia.

Sebagai Menteri Pertahanan, Purnomo mempelopori modernisasi sektor pertahanan, fokus pada peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan meningkatkan kesiapan militer nasional. Keahliannya di bidang energi dan pertahanan menjadikannya salah satu figur utama dalam memastikan keamanan dan kedaulatan energi di Indonesia.

Riwayat Pendidikan

Lahir di Semarang pada 16 Juni 1951, Purnomo memiliki latar belakang akademis yang kuat dengan gelar doktor di bidang sumber daya mineral dari Colorado School of Mines, AS. Pendidikan lainnya termasuk Sarjana Teknik Perminyakan dari ITB, Magister Teknik dari Colorado School of Mines, dan Magister Ekonomi dari University of Colorado.

Pasca karier pemerintahan, Purnomo tetap aktif dalam dunia akademis dan penelitian energi melalui Purnomo Yusgiantoro Center. Ia berkontribusi dalam penelitian kebijakan energi untuk menawarkan rekomendasi terkait keamanan energi nasional dan mendorong transisi ke energi terbarukan di Indonesia.

Pengalaman Karier

– Ketua Kelompok Kerja II Bidang Pemasaran Pertamina (1993-1998)
– Anggota Tim Ahli Panitia Ad Hoc I, Badan Pekerja MPR (1997-1998)
– Gubernur OPEC (1996-1998)
– Wakil Gubernur Lemhannas (1998-2000)
– Menteri ESDM (2000-2009)
– Sekjen dan Presiden OPEC (2004)
– Menteri Pertahanan (2009-2014)
– Ketua ASEAN Meeting on Economic Ministers (AMEM) bidang energi
– Pendiri Purnomo Yusgiantoro Center (2016)
– Pengajar di lembaga seperti Lemhannas, Unika Atma Jaya, dan ITB.

Purnomo Yusgiantoro dalam Kabinet Prabowo: Profil Penasihat Khusus di Bidang Energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *